Rabu, 29 Mei 2019

Yoyun Comes Back (3)


#pentigraf_lepas
TRAGEDI KEKALAHAN YOYUN
Genoveva Dian

Yoyun adalah seorang siswa teladan. Wajahnya yang ganteng dan postur tubuhnya yang atletis selalu mengundang decak kagum setiap kaum hawa yang melihatnya. IQ nya, kurasa, ya... di atas rata-rata lah. Pokoknya setiap ada kegiatan dan acara apapun, di manapun, entah itu di sekolahnya maupun di kampungnya, Yoyun selalu tampil sebagai peserta. Termasuk lomba lari karung dan lomba memasak nasi goreng dalam rangka peringatan kemerdekaan. Malahan ingin ikut lomba panjat pinang bila kakinya tidak terkilir sehari sebelumnya.

Suatu ketika, Yoyun terserang beberapa penyakit. Tak seberapa parah sih sebenarnya, tapi cukup menyiksa, yaitu diare dan bisul yang sedang matang-matangnya di kedua pantatnya. Padahal Yoyun harus mengikuti lomba baris-berbaris atau yang disingkat PBB di kampungnya dalam rangka memperingati HUT kemerdekaan RI. Diiringi jiwa patriotisme dan keteladanan sebagai remaja tanggung, Yoyun pun dengan tabah menjalani. Celakanya, di tengah-tengah aksinya berlomba PBB bersama teman-temannya keliling kampung, Yoyun mendadak mulas. Dicobanya bertahan dan tetap tegap berbaris. Entah bagaimana ekspresi wajah pemuda tampan itu ya, mungkin meringis, mungkin menggigit bibirnya kuat-kuat, atau oh...tidak! Pertahanan Yoyun jebol juga akhirnya.

Dia berlari kencang meninggalkan barisan menuju arah sungai dan segera jongkok sesampainya dia di situ.  Namun belum lama dia melepaskan 'itu' nya, tiba-tiba Yoyun berteriak, "Aaaaahhhhh...!!!" Apa gerangan yang terjadi? Ow...ow... Ternyata kedua bisul Yoyun pecah dimakan ikan, meninggalkan bekas lubang yang lumayan besar di pantatnya. Dan walaupun Yoyun harus menerima kekalahan dalam lomba kali ini, tapi dia lega, bisulnya sudah sembuh. Tapi malang bagi seorang nenek yang tiba-tiba tercebur kaget dengan teriakan Yoyun. Nenek yang sedang mencuci perabotan masak tersebut tak hanya  mengumpat tapi mengejar Yoyun dengan wajah memerah. Membuat Yoyun lari seperti kesetanan.

Sleman, 29 Mei 2019
#yoyuncomesback

Penulis yang sudah berpartisipasi
Agust Wahyu, Robertus Sutartomo, Genoveva Dian
Catatan:
- Pentigraf atau penagraf ini merupakan cerita lepas judul " Yoyun Comes Back" yang menghadirkan tokoh utama Yoyun, laki-laki sederhana dan lugu dari pinggiran kota Tegal.
- Siapa saja boleh menyumbangkan tulisan di sini, tentunya dengan pesan-pesan positif yang menyejukkan.
- Pentigraf atau penagraf dapat dikemas dengan sedih, humor, dan sebagainya.
-Bagi yang beminat dapat dikirim lewat inboks ke Agust Wahyu jangan lupa paling bawah tulis #yoyuncomesback
-Semua karya akan diedit/direvisi penulis bila ada kekurangan dengan beberapa masukan dari Agust Wahyu dan teman-teman sekalian
- Bagi Anda yang ingin membaca lengkap pentigraf atau penagraf lepas ini dapat dilihat di https://anggrek-white.blogspot.com/


Salam Literasi

Tidak ada komentar: