Jumat, 03 Agustus 2018

NUANSA RUMAH KITA (31)

#Pentigraf_lepas
NUANSA RUMAH KITA (31)
*Gadis Manja
Oleh : Siu Hong-Irene Tan

Anak manja kesayangan kakek dan nenek itu akhirnya memutuskan kuliah di Bandung. Mama melepas kepergiannya dengan rasa khawatir. Mampukah Tari hidup mandiri di sana? Keraguan membuncah di hati mama. Selama ini papa dan mama sibuk bekerja. Keseharian Tari bersama dengan kakek dan nenek membuatnya dimanjakan dengan berbagai kemudahan. Hingga melepas kaos kakipun menjadi tugas Minah. Kemarahan mama saat memergoki hal tersebut tidak membuatnya jera. Tari melepas kaos kaki sendiri hanya jika mama ada di rumah. Mengingat kemanjaan Tari yang tergolong luar biasa, membuat hati mama gundah.

Tari menempati kost yang jaraknya cukup dekat dengan kampus. Tak ada lagi fasilitas spesial. Semua harus dikerjakannya sendiri. Uang sakunya juga tidak berlebihan. Itu berarti Tari harus pandai berhemat. Papa dan mama sudah mengatur sedemikian rupa. Dengan maksud mendidik Tari agar bisa hidup mandiri. Tari menangis kesepian, juga merasakan beratnya hidup sendiri. Pekerjaan rumah tangga yang tak pernah disentuhnya, kini harus dikerjakan. Disela-sela kesibukan kuliah, Tari harus mencuci baju, sesekali memasak dan membersihkan seluruh ruang pribadinya. Karena tekad kuat saja yang membuatnya mampu bertahan.

Enam bulan telah berlalu. Tari membuktikan diri bisa bertahan. Rumah kost sudah tinggal beberapa meter ketika dilihatnya Pak Mamat berjalan tertatih. Tetangga sebelah kost yang telah sepuh dan hidup sebatang kara. Tetiba tongkat di tangannya terlepas dan nyaris terjerembab. Dengan sigap Tari menyangga tubuh kecil Pak Mamat. Kemudian memapahnya hingga ke pintu rumah. Pak Mamat memegang tangan Tari. Matanya berkaca-kaca penuh rasa haru saat mengucapkan terima kasih. Mama yang bermaksud menjenguk Tari, menyaksikan dengan takjub. Gadis manjanya telah berubah menjadi mandiri dan dewasa. Mama tersenyum bahagia.

Bogor, 2 Agustus 2018
#nuansarumahkita

Penulis yang sudah berpartisipasi
Agust Wahyu, Merry Srifatmadewi, Albertha Tirta, Camelia Septiyati Koto, Ypb Wiratmoko, Jenny Seputro, Yosep Yuniarto, Siu Hong-Irene Tan, Stella Christiani Ekaputri Widjaja, Waty Sumiati Halim, Maria Miguel, Sylvie Trenggono, Budi Hantara

Catatan:
- Pentigraf atau penagraf ini merupakan cerita lepas judul "NUANSA RUMAH KITA" yang menghadirkan tokoh utama wanita sederhana dengan hati yang cantik bernama Tari, lengkapnya Lestari Ayu Ningtyas.
- Siapa saja boleh menyumbangkan tulisan di sini, tentunya dengan pesan-pesan positif yang menyejukkan.
- Pentigraf atau penagraf dapat dikemas dengan sedih, humor, dan sebagainya.
-Bagi yang beminat dapat dikirim lewat inboks ke Agust Wahyu jangan lupa paling bawah tulis #nuansarumahkita
- Bagi Anda yang ingin membaca lengkap pentigraf atau penagraf lepas ini dapat dilihat di https://anggrek-white.blogspot.com/

Salam Literasi

Tidak ada komentar: