Senin, 04 Juni 2018

BALADA YOYUN (65)

#pentigraf_lepas
BALADA YOYUN (65)
*Salah Kaprah
Oleh: merry srifatmadewi

Seringkali Mirna diberi minyak goreng bekas yang 'sudah' dipakai sekali dua kali oleh Yoyun daripada dibuang, jadi tiap hari Yoyun mengumpulkan dan memberi bila sudah terkumpul sedirigen. Dulu Mirna mau membayarnya tapi Yoyun menolak. Sebagai balasannya sebagai penjual pecel lele, Mirna memberikan sekantong plastik berisi pecel ayam, tahu, tempe dan sambal untuk Yoyun. Mula-mulaYoyun sempat menolak pemberian tersebut tapi karena 'dipaksa', Yoyun menerimanya.

Yoyun tahu benar betapa tidak menyehatkan pecel lele yang dijual Mirna karena Mirna beberapa kali terlihat membawa dirigen-dirigen minyak bekas yang sudah menghitam dari sebuah warung. Lalu semua minyak tersebut dijadikan satu dicampur pemutih supaya terlihat bening seperti minyak baru. Supaya garing gorengan yang dijual, Mirna selalu memasukkan kantong plastik kresek hingga lumer. Mirna mengikuti cara tersebut meniru pedagang-pedagang lainnya. Keuntungan lebih besar, pembeli tidak mau tahu mengenai minyak bersih atau tidak dan bagaimana cara menggoreng, selama nikmat makanannya, nasi panas, gurih garing, perut kenyang, pelanggan tambah banyak. Yoyun yang mengetahui hal itu lebih memilih diam. Mirna tidak pernah jahat sama orang lain. Halal jualan Mirna, cucuran hasil keringat sendiri, tidak mencuri dan tidak korupsi.

Yoyun membawa tentengan kantong plastik tersebut ke tukang tambal ban yang letaknya agak jauh dari rumahnya. Berbagi rezeki pada sesama yang akan buka puasa. Daripada makanan dibuang malah dosa. "Terimakasih, Mas Yoyun. Semoga tambah banyak rezekinya." Yoyun tersenyum kecil. Doa orang benar biasanya dikabulkan Tuhan. Apa yang kita tabur akan kita tuai. Yoyun yakin bila memberi rezeki, berbagi pada sesama akan diberi lebih banyak rezeki melimpah. Masalahnya akankah Tuhan melimpahkan rezekinya, Yoyun memberi bukan karena kerelaan hatinya tapi karena takut timbul penyakit seperti kanker bila memakannya.

Jakarta, 1 Juni 2018.
#pentigrafSF
#baladayoyun

Tidak ada komentar: