Sabtu, 30 Juni 2018

BALADA YOYUN (99)

#pentigraf_lepas
BALADA YOYUN (99)
*Pesan Singkat dari Sandra
Oleh Agust Wahyu

"Le... wis bengi," simbok menyadarkan Yoyun yang masih duduk termenung di kursi teras depan rumahnya. Dia berusaha mengingat teman-teman terutama teman wanitanya yang tidak datang malam itu. Lalu dia juga berusaha mengingat-ingat dari teman-teman wanitanya yang datang, siapa yang belum pernah ditawari untuk menempati rumah ini. Dan berbagai pikiran mampir di otaknya hingga tanpa terasa sudah larut malam. Pesta ultahnya yang meriah sudah lama berakhir. Tamu-tamu sudah pulang ke rumahnya masing-masing. Termasuk Mang Karyo yang memberesin tempat dan Mbak Par yang bertanggung jawab urusan dapur. Rumah besar ini kembali sepi tinggal Yoyun, bapak, dan simbok. Adik dan kakak Yoyun telah berkeluarga dan punya anak, menempati rumahnya masing-masing.

Masuk ke kamar, Yoyun terpaku sebuah kado yang terletak di atas meja. Dia ingat, saat sebagian tamu sudah pulang, seorang gadis kecil berkaca mata dengan rambut sebahu menghampirinya, "Ko Yoyun... ini dari mama. Mama nggak bisa dateng karna masih di luar negeri." Yoyun terpana, dan ada sedikit kecewa. Gadis kecil kelas 11 ini sangat cantik. Tapi bukan kecantikannya yang membuat Yoyun tersentak dan terdiam, tapi wajah itu seakan replika dari orang yang merupakan cinta pertamanya. "Angel, Ko. Veronika Angelia," katanya saat ditanya namanya. Sebenarnya mamanya jauh lebih cantik, mungkin nanti setelah meningkat dewasa kecantikan Angel akan melebihi mamanya. Dan bayangan wajah itu yang tak pernah hilang di pikiran Yoyun sejak masih di kelas 2 SMA.

Saat membuka kado, ada secarik kertas yang terjatuh. Yoyun mengambilnya setelah meliriknya beberapa saat. Dia hapal sekali dengan tulisannya yang surat-suratnya masih tersimpan dengan rapi. "Saatnya kita melupakan perjanjian kita dulu. Kamu yang janji dan kamu yang mengingkari!" Serasa ada jarum menusuk hatinya. Yoyun tiba-tiba sangat bersedih karena telah mengecewakan orang yang sangat dicintai. Dia pernah mencintai dan sampai sekarangpun mencintai Sandra, mama Angel. Tapi halangan yang besar membuat Yoyun menyerah. Tapi mereka pernah berjanji untuk terus mencintai dengan menjodohkan anak-anak mereka. Tapi hingga usia 37 tahun, Yoyun belum ada tanda-tanda untuk menikah apalalgi punya anak sedangkan Sandra sudah memiliki Angel, gadis cantik berusia 16 tahun yang datang mengantarkan kado. Yoyun hanya mampu menutup wajahnya, sedih, malu, kesal, atau menyesal. Tapi semua karena sikapnya sendiri yang tak pernah punya pendirian. Yah mungkin karena Yoyun angel* makanya tidak dapat Angel.

*angel dari bahasa Jawa artinya susah, sukar, sulit
Brastagi, 24 Juni 2018
#baladayoyun
#pentigraf_aw

#baladayoyun
Catatan:
- Pentigraf atau penagraf ini fiktif
- Pentigraf atau penagraf ini didedikasikan buat seorang sahabat yang jadi inspirator kami
- pentigraf atau penagraf ini sifatnya humor dan mdiisi oleh siapa saja dengan tokoh utama Yoyun, pemuda single berusia 35 tahunan yang belum punya pacar (tapi data ini bisa berubah lho!)
- Penulis yang telah menyumbangkan naskahnya: Merry Srifatmadewi, Budi Hantara, Camelia Septiyati Koto, Agust Wahyu, Florida Wartini, Yosep Yuniarto, Maria Miguel, Jenny Seputro, Waty Sumiati Halim, Dhewy Trisna,Stella Christiani Ekaputri Widjaja, Albertha Tirta, Yosef Kurniawan (Ocep),Hery Sujatmo, Siu Hong-Irene Tan, Agusanna Ernest,Ypb Wiratmoko

Tidak ada komentar: