Selasa, 05 Juni 2018

BALADA YOYUN (68)

#pentigraf_lepas
BALADA YOYUN (68)
* Jualan Takjil
Oleh Ocep

Bulan ramadan adalah bulan penuh berkah bagi umat muslim, begitu juga buat Yoyun. Di bulan puasa ini Yoyun ikut andil dalam kegiatan bersama ibu-ibu RT untuk berjualan tahjil. Yoyun dengan senang hati membantu ibu-ibu tersebut. Mereka melakukan pertemuan untuk pembagian tugas. Dengan semangat 45, Yoyun mengajukan usul untuk tugasnya. Yoyun mengajukan usul kalau dia di beri tugas untuk bagian dapur dan berjualan saja. Dengan berbagai alasan Yoyun ngotot untuk bagian itu, karena tidak puasa, jadi bisa icip-icip setiap masakan yang sudah dibuat. Biasa kalau urusan perut Yoyun paling duluan.

Menjelang sore ibu-ibu sudah siap berjualan di alun-alun kota. Bermacam-macam makanan yang mereka jual: ada mendoan, soto tegal, kemronyos, kupat bongkok, glotak, dll. Banyak pembeli yang datang ke tempat Yoyun. Dengan semangat Yoyun melayani para pembeli tersebut. Tiba-tiba seorang pembeli wanita dengan anggunnya datang. Yoyun sangat terpesona melihat penampilannya. Menggunakan seragam putih dengan senyum mempesona. Yoyun terkesima, mulailah Yoyun melakukan aksinya. Dengan merapal ajian semar mesem yang telah dipelajarinya Yoyun mulai merayu. Supaya dagangannya dibeli oleh wanita tersebut. Kelihatannya wanita tersebut terpengaruh, dengan semangat Yoyun melayaninya.

Tiba-tiba wanita tersebut berkata, “Mas, saya minta bonus ya.” Tanpa sadar Yoyun memberikan apa saja yang diminta wanita terebut. Setelah selesai membeli Yoyun bertanya, “Mbak belanja buat siapa?” Jawab wanita tersebut adalah buat suami, anak-anak dan keponakan di rumah. Lanjutnya, karena tidak sempat belanja dan masak. Dengan hati kecewa dan lutut lemas Yoyun hanya bisa tersenyum getir. Muka Yoyun jadi pucat setelah sadar dagangannya habis semua. Tetapi uang nya tidak mencukupi. Soalnya dagangan nya Yoyun berikan kepada wanita tersebut sebagai bonusnya.

#baladayoyun

Tidak ada komentar: