Kamis, 21 Juni 2018

BALADA YOYUN (92)

#pentigraf_lepas
BALADA YOYUN (92)
*Kejujuran Yoyun
Oleh Albertha Tirta

Pesta telah usai, cuti telah berakhir. Dunia kerja menantinya. Sebagai seorang kasir di toko buah swalayan, Yoyun sangat bertanggung jawab. Selama ia cuti, pekerjaan dipegang oleh temannya. Memang cukup membantu, tetapi banyak pekerjaan yang masih harus dibenahi. Nota-nota berantakan, belum dibuat stok opname barang, crosscheck dengan keuangan. Ini perlu ketelitian yang tinggi.

Awal masuk kerja ternyata awal liburan anak sekolah dan cuti bersama. Swalayan tempat kerja Yoyun sangat ramai. Rupanya masa puasa menjelang lebaran, buah - buahan menjadi menu favorite tambahan. Ini menjadi berkah bersama. Walau demikian pelayanan Yoyun terhadap pembeli tidak surut sedikitpun

Sore ini, antrian di kasir cukup mengular, Yoyun kelihatan baru sibuk mencari uang kembalian. Ia bongkar kotak cash register, yang dicari belum juga ketemu. Setelah satu jam, pembeli yang menunggu uang kembalian berbicara, kurang berapa kembaliannya. Yoyun dengan wajah kusam menjawab, kurang dua ratus rupiah bu. Spontan ibu itu menjawab tidak apa-apa kalau kurang kembaliannya. Dengan wajah melotot Yoyun menjawab : "Satu juta, kalau kurang dua ratus rupiah, bukan satu juta lagi bu. Semua hitungan harus pas."

Tidak ada komentar: