Kamis, 21 Juni 2018

BALADA YOYUN (90)

#pentigraf_lepas
BALADA YOYUN (90)
*Ketika Pesta Usai
Oleh Stella Christiani Ekaputri Widjaja

Pagi tadi Yoyun bangun dengan hati gembira. Dia bangkit dari tempat tidur dan beranjak membuka jendela kamar. Sinar matahari fajar bersinar lembut menyapa. Angin sepoi-sepoi berhembus mengelus kulitnya. Dipandanginya dengan penuh cinta bunga-bunga warna-warni yang sengaja ditata berderet rapi tepat di bawah kusen jendela. Tampak tetesan embun di atas helai-helai daun dan kelopak bunga yang merekah indah. Yoyun merasa Sang Pencipta sedang memberinya ucapan selamat ulang tahun.

Yoyun sengaja cuti dari pekerjaannya karena dia sudah mengundang semua teman-teman KPKDG untuk merayakan hari jadinya. Dia harus membersihkan rumah terutama ruang tamunya. Sambil bersiul-siul dia menyapu dan mengepel lantai. Tak lupa dia juga mengelap kusen-kusen jendela. Ternyata bukan hanya kebawelannya tapi kerapian dan ketelitiannya bahkan melebihi wanita.

Pada sore hari teman-teman mulai berdatangan. Mereka semua membawa kado berbagai ukuran. Setelah diawali doa ucapan syukur, Yoyun meniup lilin ulang tahun dan makan malampun dimulai. Hidangan lezat seakan tak ada habisnya, dari nasi goreng, cumi telur asin, sampai kue-kue dan pudding. Setelah ini tak ada satupun yang akan menyebutnya pelit. Bahkan pada saat mereka pulang sebagai tanda terima kasih Yoyun memberi mereka semua souvenir berupa telanan bergambar dirinya. Dengan cengiran puas Yoyun melangkah masuk sambil membayangkan betapa besok teman-temannya akan mengelu-elukannya sebagai orang yang murah hati. Ketika tiba di dapur Yoyun hampir pingsan melihat tumpukan piring dan gelas yang harus dicuci.

Tidak ada komentar: