Kamis, 21 Juni 2018

BALADA YOYUN (89)

#pentigraf_lepas
BALADA YOYUN (89)
*Pesan Mawar Buat Yoyun
Oleh Ypb Wiratmoko

Hari Ulang Tahun Yoyun telah berlalu. Kemeriahan dan kenangan dari para sahabat baik Yoyun yang datang pada saat pesta hari ulang tahunnya masih menyisakan perasaan sukacita. Mulai dari canda-tawa, salam hangat, pelukan mesra hingga bau parfum yang mereka pakai pun harumnya bagaikan masih menempel di dinding-dinding ruangan pesta di rumahnya.

Ucapan selamat ulang tahun pun juga datang lewat telepon, SMS, WA, dan FB. Dari sekian ucapan selamat ultah yang diterimanya ada sebuah kado berupa tulisan lewat FB. Dengan hati berbunga-bunga Yoyun membacanya. Awal dari tulisan itu berbunyi, "Selamat Hari Ulang Tahun sahabatku Yoyun yang ganteng dan kucintai". Tulisan berikutnya, "Ini kado terindah dariku sahabatmu yang jauh di seberang, hanya buatmu seorang, 'Serba 3'. Ada 3 hal yang tidak bisa kembali yaitu waktu, ucapan dan kesempatan. Jaga ketiganya jangan sampai menyesal. Ada 3 hal yang bisa menghancurkan hidup ini yaitu, amarah, kesombongan,dan dendam. Hindari selalu ketiga hal tersebut. Ada 3 hal yang tidak boleh hilang dan harus selalu dipelihara, yaitu harapan, keikhlasan, dan kejujuran. Ada 3 hal yang paling berharga dan mesti harus selalu kita pupuk, yaitu kasih sayang, cinta, dan kebaikan. Ada 3 hal dalam hidup ini yang tidak pernah pasti dan jangan terobsesi untuk melengkapinya yaitu mimpi, kekayaan, dan kejayaan. Ada 3 hal yang dapat membentuk watak dan harus kita upayakan sejauh mampu yaitu komitmen, ketulusan, dan kerja keras. Ada 3 hal yang dapat membuat hidup kita sukses dan harus diupayakan sungguh-sungguh yaitu tekat, kemauan dan perhatian. Ada 3 hal yang tak pernah kita tahu dan selalulah mohon kepada Tuhan yaitu rezeki, umur, dan jodoh. Ada 3 hal di dalam hidup ini yang pasti dan harus dipersiapkan sebaik-baiknya yaitu tua, sakit, dan mati. Sekali lagi kauucapkan Selamat Hari Ulang Tahun, Yoyun sahabatku yang ganteng dan baik hati. Tuhan Yesus memberkatimu".

Dengan rasa haru Yoyun membaca pesan sebagai kado ultahnya itu. Suatu pesan yang bagus yang harus diaminkannya. Ia bergegas, rupanya pesan itu sangat berguna dan ia pun berniat ingin membagikan pesan itu kepada sahabat-sahabat baiknya yang lain. Bagi Yoyun segala yang baik dan benar sangat mendesak untuk segera dibagikan. Yoyun mengelus dadanya yang bidang seraya menarik nafas panjang dan menghembuskannya perlahan-lahan. Wangi melati ditiup semilir angin menerobos pintu jendela kamarnya. Yoyun bernafas lega.

(Rumah Sastra, Ngawi, 13 Juni 2018.Pukul 13.55: 40 WIB)

Tidak ada komentar: