Rabu, 06 Juni 2018

BALADA YOYUN (69)

#pentigraf_lepas
BALADA YOYUN (69)
*Seandainya Kau Tahu
Oleh: merry srifatmadewi

Ketika sedang mengerjakan tugas kantor, gawaiku berbunyi dari nomor yang tidak kukenal. Biasanya aku tidak mau mengangkat, berhubung sedang bete dengan tumpukan pekerjaan, aku terima telepon. Bersyukur aku tidak salah mengambil keputusan untuk mengangkat, telepon tersebut dari Lani teman SMA-ku. " Ini Yoyun ya? Mau kabari Risa ada di ICU!" Dikabarkan bahwa Risa mantan pacarku kena auto imun, lupus anemia dirawat di RS daerah Jakarta. Aku tidak bisa menjenguknya saat ini karena menjelang bulan puasa sedang sibuk ramai-ramainya. Apalagi aku tinggal agak jauh, di kota Bandung.

Sabtu aku ditelepon lagi oleh Lani dimana keadaan Risa sudah koma dan sangat berharap aku meluangkan waktu untuk menjenguknya. Tetap aku tidak bisa meninggalkan pekerjaanku yang bertumpuk-tumpuk. Lani setiap hari menjenguk Risa dan memberikan informasi perkembangan keadaan Risa padaku. Hari Minggu Lani masih sempat menjenguk setelah pulang dari rumah ibadah, ternyata se-jam kemudian setelah Lani pulang dari Rumah Sakit, takdir berkata lain. Risa berpulang. Lanipun terkejut tidak percaya akan berita kepergian Risa yang mendadak sekali. Baru saja pulang untuk makan siang di sebuah mall, bunyi gawai berdenting beruntun. Dibacanya, disimak lagi dan disimak lagi berita dukacita Risa bertubi di whatsapp. Hingga Lani mengecek kebenarannya dengan menelepon langsung ke Rumah Sakit. Kabar itu sampai di telingaku.

Hari Senin diam-diam aku kabur dari kantor. Sengaja pintu ruangan dibuka dan lampu tetap dinyalakan. Dengan bergegas aku meluncur ke Rumah Duka. "Risa, ini Yoyun. Maafkan aku yang telah meninggalkanmu." Dulu aku berselingkuh dari Risa dan lebih memilih Flora, teman dekatnya. Adiknya Risa menunjukkan foto yang selama ini ada di dompet Risa padaku. Foto Yoyun ketika memeluk mesra Risa dengan latar Danau Sarangan, tempat Yoyun dan Risa mengenal pertama kali waktu tour sekolah. Yoyun langsung lemas pingsan. Selama ini Yoyun tidak ada keberanian bertemu muka dengan Risa. Yoyun mengira Risa membencinya karena telah mengkhianatinya. Jika saja Risa tahu betapa Yoyun menyesali berpacaran dengan Flora dan hanya ada Risa di hati Yoyun. Kini aku datang untuk terakhir kalinya mengucapkan selamat tinggal pada Risa.

Jakarta, 30 Mei 2018.
#pentigrafSF
#baladayoyun

Tidak ada komentar: