Kamis, 21 Juni 2018

BALADA YOYUN (75)

#pentigraf_lepas
BALADA YOYUN (75)
*Playgroup
Oleh Jenny Seputro

Pada hari Sabtu, Dian ingin kumpul-kumpul dengan kelompok teman wanitanya untuk 'girls outing'. Masalahnya ada beberapa temannya yang sudah punya anak dan harus mengantar anak-anak itu ke playgroup. Untuk itu Dian minta tolong Yoyun untuk menemani anak-anak mereka selama di playgroup. Sebenarnya Yoyun segan, tapi dia takut menolak keinginan Dian, juga karena teman-teman Dian cantik-cantik, Yoyun ingin tampil sebagai pahlawan. Apalagi si kecil Haris bilang kalau di playgroup disediakan makanan gratis. Akhirnya Yoyun membawa empat orang anak ke playgroup sementara ibu-ibu mereka berjalan-jalan. Di playgroup, Yoyun mengkonfirmasi pada mbak Mari yang jaga di kantor, kalau memang disediakan makanan gratis. Mbak Mari membenarkan, sudah termasuk dalam iuran bulanannya, katanya.

Yoyun pergi ke halaman belakang tempat para pengantar menunggu. Tidak banyak orang di situ, tapi ada satu grup ibu-ibu muda yang duduk di tikar sambil makan-makan seperti piknik. Mereka asyik mengobrol dan tertawa. Pikir Yoyun, betapa egoisnya mereka mengambil semua makanan itu untuk mereka sendiri, padahal para pengantar yang lain tidak kebagian. Dengan penuh percaya diri, Yoyun bergabung dengan mereka. Sedikit basa-basi lalu langsung melahap makanan yang ada. Ibu-ibu itu terdiam, tidak lagi mengobrol dan bercanda. Mereka hanya menatap Yoyun dengan bingung. Yoyun tidak peduli, toh ini jatah bersama. Setelah habis makanannya, Yoyun kembali ke tempat mbak Mari untuk melaporkan, kalau sekelompok ibu-ibu memonopoli makanan yang disediakan.

Dengan kaget mbak Mari menjelaskan, kalau makanan gratis itu disediakan untuk anak-anak, dan bukan untuk pengantar. Ibu-ibu tadi membawa sendiri makanan mereka. Yoyun malu bukan kepalang. Apalagi minggu depannya Dian lagi-lagi meminta Yoyun menemani anak-anak temannya. Yoyun sedang berpikir keras bagaimana menolaknya ketika Grace, salah satu anak itu berseru, "Nggak mau diantar om Yoyun lagi. Teman-teman semua bilang yang ngantar Grace rakus, ngabisin makanan maminya mereka." Ketiga anak yang lain menimbrung, berlomba-lomba menceritakan kejadian itu. Yoyun tidak tahu apa yang membuatnya nyaris pingsan, apakah tatapan buas Dian, ataukah tatapan OMG teman-temannya yang cantik.

Perth, 8 Juni 2018

#baladayoyun

Tidak ada komentar: