Kamis, 21 Juni 2018

BALADA YOYUN (84)

#pentigraf_lepas
BALADA YOYUN (84)
*Tambalan Gigi Yoyun
Oleh Waty Sumiati Halim

Pagi yang cerah. Yoyun sudah rapi. Ia berniat menghadiri misa pagi walaupun hari ini bukan Minggu. Dengan penuh semangat ia menyiapkan roti untuk sarapannya seperti biasa. Roti isi selai kacang bertabur mesyes. Hm harumnya... Air liurnya segera memenuhi rongga mulutnya. Tiba-tiba ia tersadar kalau mau menghadiri misa ia puasa. Cepat-cepat diletakkannya roti yang sudah siap santap itu. Lalu ia ke kamar mandi. Sikat gigi dulu!

Terburu-buru Yoyun menyikat giginya sampai secara tak sengaja kepala sikat menyenggol tambalan gigi depannya. Lidahnya merasakan ada benda kecil sebesar biji kacang hijau. Yoyun kaget. Ia segera berkumur dan lidahnya merasa ada bagian tajam pada gigi depannya. Yoyun lalu memeriksa bayangan giginya di kaca wastafel. Ya ampuuun... tambalan sementara gigiku! batin Yoyun. Ia baru ingat perwatan giginya memang belum selesai dan memang sudah lama sekali ia tidak kontrol gigi, sejak ia pingsan di acara baksos itu... Segera diraihnya gawainya. Dicobanya minta jadwal periksa ke dokter gigi Ayu.

"Mas Yoyun apa kabar?" Suara dokter gigi yang memang Ayu itu membesarkan hati Yoyun yang memang masih ketakutan periksa gigi. Yoyun menjawab dengan suara sangat perlahan sambil mencari posisi yang nyaman di kursi gigi. Ia berusaha membuka mulut sesedikit mungkin sejak tadi pagi, juga saat misa tadi. Yoyun sudah berniat akan bersikap baik dan tak ingin membuat kekacauan pada pemeriksaan gigi hari ini agar perawatan berjalan lancar. Ia memilih menutup mata sepanjang perawatan gigi untuk dua alasan. Pertama, ia masih takut, ke dua ia takut degup jantungnya makin kencang kalau melihat wajah dokter cantik itu di dekatnya. Ketika dokter Ayu memintanya membuka mata. Yoyun sebenarnya agak segan, tetapi ia tahu harus menurut instruksi dokternya. Maka saat Yoyun membuka matanya, ia melihat di cermin yang disodorkan kepadanya : bayangan giginya yang sudah tertambal rapi. Daaan oh, dokter Ayu dan perawat giginya tersenyum ramah serta memberinya salam... "Selamatulang tahun, Mas Yoyun! Hadiahnya tambalan gigi...!"

Bandung, 13062018

#baladayoyun

Tidak ada komentar: