Kamis, 24 Mei 2018

BALADA YOYUN (49)

#pentgraf_lepas
BALADA YOYUN (49)
*Salah Sambung
Oleh Jenny Seputro

Sudah seharian Yoyun uring-uringan. Walaupun sudah puluhan kali dicampakkan wanita, Yoyun tetap tidak terbiasa. Setiap kali rasa sakit itu tetap sama, tidak berkurang. Ah, semua wanita memang sama. Semuanya serigala berbulu domba. Awalnya saja manis, lemah lembut dan pengertian. Pada akhirnya mereka semua egois, mau menang sendiri dan tidak peduli pada Yoyun. Sedang sebal-sebalnya, telepon berdering. Yoyun mengangkatnya dengan kesal. Suara wanita, mencari seseorang bernama Rio. "Maaf salah sambung Mbak," kata Yoyun sopan. Alih-alih minta maaf, si wanita langsung mematikan sambungan. Sekarang Yoyun bertambah marah. Selang beberapa menit, telepon kembali berdering. Ternyata dari wanita yang sama. Kembali Yoyun bilang salah sambung, dengan nada yang jengkel. Lagi-lagi si wanita langsung mematikan sambungan.

Sekarang Yoyun benar-benar marah. Tapi dia sudah siap saat telepon berdering lagi. Dijawabnya telepon dengan manis, dikatakannya kalau Rio sedang tidak di rumah. Kali ini sambungan tidak diputus. Wanita itu bernama Silvia, mencari Rio pacarnya yang seharusnya datang menjemputnya satu jam yang lalu. Gawainya tidak bisa dihubungi, dan terpaksa Silvia menelepon tempat kostnya. Mengaku sebagai teman kost baru Rio, Yoyun cerita kalau satu jam yang lalu Rio pergi dengan seorang gadis cantik. "Saya kira itu pacarnya, habis mereka mesra banget sih," kata Yoyun. Lima menit berikutnya digunakan Yoyun untuk menceritakan berbagai kisah romantis antara Rio dan pacar barunya. Samar-samar Yoyun bisa mendengar Silvia sesenggukan.

Tampil sebagai ksatria penyelamat, Yoyun menenangkan Silvia dan mengajaknya bertemu di sebuah cafe. Silvia yang sedang hancur langsung menerima ajakan Yoyun. Mereka janjian bertemu setengah jam lagi, dan Yoyun meminta Silvia untuk berdandan yang cantik. Setelah telepon ditutup, Yoyun masuk ke kamar dan berbaring di ranjangnya. Sekarang waktunya tidur siang. Dia puas sudah memberi pelajaran pada perempuan tidak tahu sopan santun itu. Dan Yoyun yakin, dia telah menyelamatkan Rio dari cengkraman wanita. Karena pada dasarnya, semua wanita sama saja.

Perth, 24 Mei 2018



Tidak ada komentar: