Rabu, 30 Mei 2018

BALADA YOYUN (55)

#pentigraf_lepas
BALADA YOYUN (55)
*Oknum Pengemudi
Oleh merry srifatmadewi

Pagi ini aku pesan kendaraan daring untuk pergi beribadah ke gereja. Tertulis nama pengemudi: Yoyun sedang menjemput. Aku chat menginfokan posisiku sudah menunggu dan lokasinya dekat daerah mana. Sudah limabelas menit menunggu belum datang juga. Kutelepon ke gawainya tidak aktif atau sedang berada di luar area. Status sedang menjemputmu tiba-tiba berganti menjadi "Sedang Mengantar." Lha aku masih menunggu. Kutunggu lagi sebentar sebelum kubatalkan pesanannya. Sayangnya tidak ada tulisan untuk membatalkan pesanan!

Siangnya dari aplikasi muncul untuk pemberian rating pengemudi. Bagaimana itu? Naik kendaraannya saja tidak. Bersyukur ketika aku order kembali untuk perjalanan pulang dari rumah makan menuju ke rumah dengan kendaraan daring, aku mendapat pengemudi yang baik dan jujur. Aku bercakap-cakap dengan pengemudi, kuceritakan apa yang kualami tadi pagi, lalu kutanyakan mengapa tidak dapat membatalkan pesanan. "Jika tertulis sedang mengantar, pemesan tidak dapat membatalkan. Hanya pengemudi yang bisa membatalkannya,"tuturnya. "Lalu apa yang harus kulakukan?" tanyaku. Pengemudi tersebut menerangkan bahwa pengemudi tersebut berbuat curang, uang saya disedot dengan berpura-pura sedang mengantar penumpang. Jalan satu-satunya adalah melapor ke pusat kendaraan daring tersebut. Sangat menolong sekali penuturannya bagi aku yang awam ini.

Bersyukur aku menemui pengemudi yang jujur dan mau menerangkan, tepatnya menjelaskan. Sudah ada peristiwa sebelumnya seperti yang aku alami. Pengemudi tidak melaksanakan tugas dengan baik, tidak mau bekerja hanya menyedot uang transportasinya. Sampai di rumah, aku hubungi pusat kendaraan daring. Kuceritakan kronologi peristiwa yang aku alami. Dalam laporan aku sebutkan nama pengemudi Yoyun, nomor plat mobil, nomor kode orderan, tujuan dari dan ke serta biaya nominal yang kesedot. Laporan segera ditindak-lanjuti. Menurut perusahaan, Yoyun akan diberikan sanksi perusahaan dan uang yang kesedot akan ditransfer balik oleh perusahaan. Waspadalah dan beranikanlah melapor!

Jakarta, 20 Mei 2018.
#pentigrafSF
#baladayoyun

Tidak ada komentar: